Apa itu karpet vinyl – kayu adalah salah satu alternatif pilihan lantai untuk menambah kesan estetik di rumah Anda. Selain memiliki harga jual yang terjangkau, lantai vynil kayu juga menawarkan pilihan banyak corak yang bisa Anda kombinasikan sesuai selera.

Lantai vynil kayu juga merupakan salah satu jenis material penutup lantai yang populer di dunia desain interior. Tentu, lantai vynil kayu juga memiliki kekurangan dan kelebihan

7 manfaat karpet
ilustrasi karpet vinyl

Apa itu karpet vinyl?

Lantai vynil kayu adalah adalah material penutup lantai yang bisa di jadikan pilihan untuk Anda yang sedang mencari bahan dengan alternatif harga lebih murah.

Vynil kayu juga merupakan lantai yang sangat bagus karena dapat meniru bentuk atau motif dari kayu itu sendiri.

Lantai dengan motif vynil kayu terbuat dari bahan dasar polyvynil chlorid (PVC) yang di olah dengan teknologi yang sangat canggih. Teknologi tersebutlah yang membuat lantai vynil bisa menyesuaikan motif yang di inginkan, seperti motif marmer hingga kayu itu sendiri.

Material dari lantai vynil kayu juga cenderung elastis dan jika di aba, tekstur permukaannya terasa halus.

Kelebihan jika menggunakan karpet vinyl

Kelebihan lantai vynil kayu adalah sangat fleksibel. Hal tersebut membuat cara pasang lantai vynil kayu menjadi sangat mudah. Selain mudah, pemasangannya juga tidak perlu harus menggunakan tambahan bahan lain. Anggaran Anda untuk membangun rumah pun bisa lebih hemat.

Selain itu, motif dari lantai vynil kayu juga benar-benar menyerupai motif dari kayu itu sendiri. Rumah Anda pun bisa tampak lebih mewah dengan lantau vynil kayu ini. Materialnya juga awet dan dapat bertahan bertahun-tahun jika menerapkan perawatan yang baik.

Lantai vynil kayu bisa jadi alternatif pengganti lantai keramik yang mudah rusak, terkesan dingin, dan cepat usang dengan harga yang relatif murah.

baca juga : Cara agar karpet vinyl awet

Kekurangan karpet vinyl

Tidak hanya memiliki kelebihan, kekurangan lantai vynil kayu juga dapat menjadi perhatian Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Kekurangan lantai vynil kayu adalah rentan terkena goresan seperti benda tajam dan benda keras. Material ini juga sulit di perbaiki jika sudah rusak.

Kandungan PVC di dalamnya juga cukup berbahaya bagi kesehatan. Meskipun saat ini di katakan bahwa banyak produsen yang mengurangi kandungan PVC, tentu Anda tetap perlu waspada. Solusinya adalah, pastikan rumah Anda memiliki lubang ventilasi yang cukup agar kandungan yang berbahaya dari PVC dapat berkurang.

Meskipun di klaim sebagai material yang tahan air, namun jika terkena air terus-menerus, lantai vynil kayu juga bisa rusak dan mengelupas. Maka dari itu, tidak di sarankan untuk menggunakan lantau vynil kayu di area kamar mandi, namun masih bisa di pasang untuk lantai dapur.

Sayangnya, lantai vynil kayu tidak bisa finishing seperti warna awal. Jika warnanya sudah pudar dan rusak, maka perlu di ganti secara keseluruhan. Meski pemasangannya mudah, namun Anda tetap harus memerhatikan tahapan-tahapan secara teliti agar materialnya tetap awet.

Harga lantai vynil kayu di pasaran adalah sekitar Rp150.000 hingga Rp250.000 per meter persegi. Namun, ada beberapa jenis lantai vynil yang bisa jadi pilihan Anda. Seperti jenis vynil plank yang di buat sebagai replikasi kayu asli. Jenis lantai vynil kayu ini cocok di gunakan untuk menghadirkan nuansa alami dan antik di rumah Anda.

Di sisi lain, ada pula jenis vynil roll yang jadi favorit karena pengaplikasiannya begitu mudah. Bentuknya seperti replika dari karpet dengan berbagai macam motif, salah satunya adalah motif lantai vynil kayu itu sendiri. Adapula vynil tile yang memiliki bentuk seperti ubin jika Anda ingin menggunakan penutup lantai seperti bahan keramikkeramik.

Baca juga : cara mencuci karpet agar tidak bau

Cara memasang lantai vinyl

1. Tentukan layout lantai dan ukuran 

Sebelum membeli lantai vynil kayu, tentukanlah layout atau tata letak pada ruangan yang cocok. Anda juga perlu memerhatikan ukuran imensi lantai dengan meteran. Hal ini akan memudahkan Anda memilih jenis dan jumlah lantai vynil kayu yang diperlukan. 

2. Bersihkan ruangan dan isi sela-sela keramik

Pastikan menyapu dan mengepel lantai terlebih dahulu sebelum memasang lantai vynil kayu. Sebelum memasangnya, disarankan untuk mengisi sela-sela keramik terlebih dahulu agar hasilnya tidak bergelombang setelah dipasang. Gunakanlah compound lantai dengan memasang nat di sela-sela keramik.

3. Susun dengan keadaan terbalik

Menyusun lantai vynil kayu dengan terbalik adalah untuk memastikannya terpasang dengan rata di seluruh ruangan. Setelah menyusunnya dengan keadaan terbalik, barulah mulai untuk menempelkannya dengan lem di atas lantai. 

4. Sesuaikan ukuran dan pasang dengan palu

Jika terdapat lantau vynil kayu yang panjang, Anda bisa potong sesuai ukuran. Setelah dilem, Anda juga bisa memukulnya dengan palu agar terpasang dengan sempurna.

Lantai vynil kayu memiliki kelebihan dan kekurangan karena harganya yang murah dengan proses pemasangan yang mudah

sekian penjelasan tentang karpet vinyl, harga, pengertian, kelebihan, kekurangan, cara pemasangan. Terima kasih telah mengunjungi website kami.

twiter:HJkarpet

wibsite:HJkarpet

youtube:HJ Karpet Oficial

gmail.Rakhapandunarendra@gmail.com